Minggu, 09 Juni 2013

PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA



Maraknyanarkotikadanobat-obatanterlarangtelahbanyakmempengaruhi mental dansekaliguspendidikanbagiparapelajarsaatini.Masadepanbangsa yang besarinibergantungsepenuhnyapadaupayapembebasankaummudadaribahayanarkoba. Narkobatelahmenyentuhlingkaran yang semakindekatdengankitasemua.Temandansaudarakitamulaiterjeratolehnarkoba yang sering kali dapatmematikan.SebagaimakhlukTuhan yang kiandewasa, seharusnyakitasenantiasaberfikiryjernihuntukmenghadapiglobalisasiteknologidanglobalisasi yang berdampaklangsungpadakeluargadanremajapenerusbangsakhususnya.Kita harusmemerangikesia-siaan yang di akibatkanolehnarkoba.
I    PenyebabPenyalahgunaanNarkoba
1.      a. Kegagalan yang di alamidalamkehidupan
Tidakmemiliki rasa percayadiriataupunkurangmendapatkasihsayang orang tuadapatmenyebabkantimbulkanpenyalahgunaannarkoba di kalanganremaja.Misalnyasaja, orang tua yang terbilangsuksesdalamberkarirtetepikurangmemberiperhatiankepadakeluarga, adanyaperselisihan di keluargahinggamengalamikehancuran (Broken Home).
b.   Pergaulan yang bebasdanlingkungan yang kurangtepat.
Menurutteori Waddington, mengenai “develope mental land scape”, jikaseoranganak di tempatkanpadasuatulingkungantertentu, makasulitlahbagikalangantersebutuntukmengubahpengaruhnya, terlebihlagijikalingkunganitusangatkuatmempengaruhianaktersebut. Dengandemikianuntukmencegahpenggunaannarkoba, maka  land scape (lingkungan) yang baiksaatiniadalahlingkungan Islam. Sebagai orang tuaseharusnyadapatmemperingatkananaknya agar tidakbergauldenganteman yang berakhlaktidakbaik.
1.      c. Kurangnyasiraman agama
Untukmemeranginarkoba, upaya yang perlu di lakukanadalah       membangkitkankesadaranberagamadanmenginformasikanhal-hal yang positifdanbermanfaatkepadapararemaja.Karena, padazamansekaranginisangtsedikitpararemaja yang sadarakanpentingnyasiraman agama.
1.      d. Keinginanuntuksekadarmencoba
Keyakinanbahwabilamencobasekalitakkanketagihanadalahsalahsatupenyebabpenggunaannarkoba, karenasekalimemakainarkobamakamengalamiketagihandansulituntuk di hentikan.Makadariitu, bilaseseoranginginterhindardarinarkoba, harusdapatmenjauhkandirinyadarihal-hal yang memungkinkanuntukmencobadanbersentuhandengannarkoba.
II.  Narkoba Yang BanyakBeredar Di Masyarakat.
Ada banyakjenisnarkoba yang beredar di masyarakat yang banyak di salahgunakanolehremaja, antara lain:
·         Ganja, di sebutjugadenganmariyuana, grass/rumput, pot, cannabis, joint, hashish, cimeng.
·         Heroin, di sebutjugadenganputaw, putih, PT, bedak, etep.
·         Morfin, yaitunarkoba yang di olahdaricandu/opium yang mentah.
·         Kokain, di sebutjugadengan crack, coke, girl, lady.
·         Ekstasi, di sebutjuga  denganineks, kancing.
·         Shabu-shabu, di sebutjugadenganes, ss, ubas, kristal, mecin.
·         Amphetamin, di sebutjugadengan speed.
#  ZatHirup
Berbagaijenisbahanperekat yang di pasarkansebagaibahanbangunanjugasering kali di salahgunakanuntuk di hirup, antara lain: lemkayu (sejanisaicaaibon), cat, thinner.
#  ObatPenenang, di sebutjugapilkoplo
berbagaiobatpenenangdanobattidur (anti-insomnia) jugasring di pakaiolehpecandunarkoba. Obat-obatan in masukdaftar G danpsikotropika, tetapi di perjualbelikansecarabebas di kios-kios kaki lima.
1.      a. AkibatPenyalahgunaanNarkobaTerhadapKesehatan.
Secarakeseluruhanobat-obataninidapatmenimbulkangangguan-gangguanpadasistemsarafmanusia, jugapada organ-organ tubuhmanusia.Narkobajugaakanmengakibatkankcanduan/ketagihankepadapemakainyadanapabilapemakaian di hentikan, dapatmengakibatkankematian. Ciri-cirikecanduanantara lain: kejang, sakitperut, badangemetar, muntah-muntah, matadanhidungberair, hilangnyanafsumakandanhilangnya/berkurangnyaberatbadan.
1.      b. AkibatPenggunaanNarkobaTerhadapLingkungan Di Masyarakat
Penggunaannarkobadapatmenghilangkankesadaranpemakainya, menyebabkan paranoia (linglung), jugadapatmembuatpemakainyamenjadiganasdan liar sehinggadapatmenggangguketentraman di masyarakat.
Untukmendapatkanbarang-barang haram itu, di perlukantidaksedikitbiaya, sehinggadapatmenimbulkanperbuatan-perbuatankriminalsepertipencurian, perampasanataupunpertengkarandantidaksedikit pula yang menimbulkanpembunuhan.
III  Pencegahan Dan PenanggulanganTerhadapPenyalahgunaanNarkoba
Ada banyakhaluntukmencegahpenggunaannarkobaantaralainadalah:
·         membangkitkankesadaranberagama, menginformasikanhal-halpositifdanbermanfaat.
·         Selektifdalammemilihteman.
·         Selektifdalammemilihmakanandanminuman.
·         Menghindarkandiridarilingkungan yang tidaktepat.
·         Membentukkelompok-kelompokkecil yang salingmengingatkan.
·         Bilaberhadapandengan orang/teman yang mulaibersentuhandengannarkoba, gunakankasihsayang  untukmenariknyakejalanhidup yang lebihsehat.
·         Mengetahuifakta-faktatentangnarkobatermasukakibat-akibat yang di timbulkanolehbarang-barang haram tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar